Pinjam buku

Kamis, 26 Mei 2016

Hang lengkir pentas musik seni daerah


Pentas seni adalah pertunjukan yang melibatkan beberapa aksi individu atau kelompok dan berisikan empat unsur: waktu, ruang, tubuh seniman, dan hubungan seniman dengan penonton. Begitu sepertinya makna dari kedua kata tersebut jika dipersempit.

Seni akhirnya menjadi komoditas. Baik jika yang diangkat adalah sebuah pelestarian makna murni kata seni itu sendiri. Tidak baik jika seni akhirnya diinterpretasikan menjadi sesuatu yang menyangkut eksistensi. Terlebih seni musik. Di Indonesia, musik masih sangat ambigu artinya. Tidak ada standar yang tepat untuk mengartikan musik sebagai identitas, kecuali musik tradisional atau daerah seperti pertunjukan di Hang lengkir pentas musik daerah.

Perlu diperhatikan musik (mungkin) merupakan seni yang palih mudah dicerna masyarakat pada umumnya. sehingga musik menjadi sesuatu yang diagungkan, Karena penggunaan frase pentas seni sekarang selalu diafiliasikan kepada acara yang dibuat siswa sekolah menengah. Bisa dilihat dari berbagai acara yang mengusung nama pentas seni daerah jarang jarang ada.

Selain itu juga, musik di pentas seni diukur dari seberapa banyaknya pengunjung yang datang atau kicauan tentang si acara tersebut Bukan seberapa besar dampak dari pesan tersirat atau tersurat yang sampai ke penonton. Hang lengkir pentas musik seni daerah 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar